Sabtu, 11 Desember 2010

"PENGALAMAN PKL DI MALANG"

Hari sabtu, tanggal 27 November 2010 siswa – siswi SMADABO program IPS – BHS mengadakan penelitian study lapangan di Malang. Ini memang bukan pertama kalinya saya pergi ke kota Malang. Sebelum diputuskan dan disepakati untuk ke Malang, rencana awalnya adalah di Jogja, namun dikarenakan faktor alam akhirnya study lapangan di putuskan di Malang.
Dan obyek study kami adalah :
- Candi Singosari
- Kebun Apel
- Musium Brawijaya
- Matos (Malang Town Square)
- Pasar Lawang
Dengan biaya 165.000;- kami mendapat 5 obyek tersebut dan armadanya adalah Bintang Mandiri Raya.

• Keberangkatan
Saya sudah mempersiapkannya sejak jum”at malam, yaitu dari apa saja yang saya butuhkan sampai apa yang saya kenakan, seperti alat shalat, baju seragam, buku dan alat tulis, alat dokumentasi, alat medis dan tak lupa juga camilan. :D
Setelah semuanya siap saya bisa tidur dengan nyenyak sampai start/waktu berkumpul pada pukul 04.00 di SMAN 2 BOJONEGORO
Jam 3 pagi pun saya bangun, dan dengan mata yang masih ngantuk, saya mandi. Dan jam 03.30 saya berangkat bersama teman saya Rizal. Perjalanan menuju sekolah udaranya sangat dingin dan suasana sangat sepi. Sesampainya di sekolah hanya ada sebagian anak yang sudah datang, guru beserta panitia pun masih ada yang belum datang. Kurang lebih jam 04.00 aku menunggu, pukul 05.00 perjalanan pun dimulai. Aku berada di Bus.1 yang berpenghunikan siswa XI.IPS 1 dan segelintir siswa BHS, dan 3 guru pembimbing.
Didalam Bus tawa canda ria pun jadi satu, ada yang sibuk foto – foto, buat video lipsing, karaoke, makan. Tapi saya hanya diam termenung melihat pemandangan sekitar
Dan perjalanan pertama kami adalah menuju ke Candi Singosari.
• Saat di lokasi
- Candi Singasari
Wisata ini adalah tujuan pertama kami dalam pembelajaran Sejarah. Pukul 10.00 kami sampai, Candi Singosari yang terletak di Desa. Candirenggo, Kec. Singasari, Kab. Malang yang merupakan candi Hindhu-Budha yang sangat bersejarah. Disini saya melihat – lihat peninggalan bersejarah, saya abadikan di Hp dan camera digital saya untuk bahan makalah, dan ditambah dengan mencatat dan mendengar berbagai penjelasan dari Bpk. Muzaki ( selaku guru sejarah ) dan Bapak pemandu.
Setelah selesai kami pun melanjutkan perjalanan menuju Kebun Apel.
- Kebun Apel
Pukul 12.00 kami sampai ditempat tujuan yaitu kebun apel, yang terletak di Dusun. Tlogo Rejo, Desa. Bumi Aji, Kec. Bumi Aji, Kota. Batu. Karena jalan yang sempit kami yang menggunakan Bus terpaksa Turín dan naik mobil jemputan yang berupa mobil angkutan umum, dengan jarak tempuh 3km menuju perkebunan. Disini pemandangan yang terlihat hanya buah apel, terong, cabai, jagung, dan ini merupakan kebun perorangan. Dan disini kami bebas makan sepuasnya dengan syarat tidak dibawa pulang, jira ingin dibawa pulang maksimal 2 buah, dan jika ingin banyak bayar dengan harga 10.000/kg.
- Musium Brawijaya
Hujan pun mengguyur dan menemani sesampainya kami di Musium Brawijaya. Aktivitas yang saya lakukan hanya ganti baju, makan siang dan tidak masuk di musium dikarenakan Musium Brawijaya merupakan pembelajaran BHS. Setelah semuanya selesai melaksanakan tugas, perjalanan dilanjutkan ke Matos (Malang Town Square).
- Matos (Malang Town Square)
Pukul 16.00 kami sampai di Matos (Malang Town Square), dengan semangat yang membara saya, Dan teman-teman masuk dan mengelilingi Matos (Malang Town Square). Aktivitas yang saya lakukan adalah beli baju dan kadang hanya sekedar melirik barang – barang yang lagi nge-trend di malang. Saya pun membeli 3 kaos. Saya pun sempat mencoba naik turun lift sampai berkali-kali, maklum laah di Bojonegoro kan belum ada lift. hehehe. . . .
- Pasar Lawang
Disini saya hanya belanja oleh – oleh untuk keluarga saya di rumah, yang sempat saya beli hanyalah sari apel, maklum ngirit buat keperluan yang lain hehehe. Dan setelah semuanya puas berburu oleh – oleh, perjalanan pun terhenti sampai disini dan kami pun kembali ke kota Bojonegoro MATOH tercinta ini.
• Pemulangan
Waktu yang semakin larut merupakan suasana yang menyelimuti perjalanan pulang kami. Dan waktu itu pun saya gunakan untuk tidur, walau pun suasana bising teman – teman. Dikarenakan capek, letih, campur aduk.
Dan pukul 1 malam kami sampai di gerbang SMA 2 BOJONEGORO. Waktu itu saya langsung pulang bersama Rizal. Karena kemaleman Rizal pun menginap di rumahku.

PKL ini walau capek, Namur tetap mengasyikan
Kami bisa berekreasi sambil Belajar.